Dorong UMKM dan Target Kenaikan 30%, Daihatsu Siapkan Unit Komersial Khusus Program Makan Bergizi
- account_circle Warjono
- calendar_month Sel, 4 Nov 2025
- comment 0 komentar

Unit Gran Max desain khusus untuk mendukung program MBG. (istimewa)
TERAS MALIOBORO–Astra Daihatsu Yogyakarta menjadikan dukungan terhadap sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sebagai motor penggerak bisnis utama pada kuartal akhir tahun ini. Dukungan tersebut fokus pada penyediaan armada niaga khusus untuk Program Makan Bergizi Gratis (MBG) yang dicanangkan pemerintah.
Eko Setyawan, Kepala Cabang Astra Daihatsu Yogyakarta di Jalan Magelang, optimistis strategi ini akan mendorong kenaikan penjualan ritel unit komersial hingga 30% dari gabungan penjualan Daihatsu Gran Max dan blind van.
“Program MBG menjadi salah satu motor pertumbuhan signifikan bagi kami. Kami targetkan kenaikan 30% dari jualan ritel, dengan volume penjualan Grand Max dan blind van mencapai sekitar 10 hingga 15 unit per bulan,” ujar Eko Setyawan.
Unit Komersial Kustom dan Benefit DaiFest 2025
Daihatsu menyiapkan unit komersial berbasis Gran Max dan blind van yang dapat dikustomisasi secara khusus sesuai kebutuhan operasional UMKM penyedia suplai makanan. Unit-unit ini sangat dibutuhkan untuk membantu mobilitas dan distribusi logistik ke dapur umum.

Konsumen,kata Eko, dapat memesan unit boks dengan desain rak internal sesuai kebutuhan mereka. Namun tambahan berupa rak ini sifatnya optional. Konsumen bisa juga membuat desain sendiri dan memasnagnya di unit mobil yang mereka beli.
Untuk memberikan insentif lebih kepada UMKM, pembeli unit yang mendukung Program MBG ini juga akan mendapatkan benefit tambahan melalui program loyalitas DaiFest 2025 yang berlangsung dari Oktober hingga Desember.
Eko menambahkan, kebutuhan unit komersial di wilayah DIY hingga Jateng Selatan, termasuk Kebumen, menunjukkan tren peningkatan. Meskipun terjadi fluktuasi permintaan dan waktu tunggu pengiriman unit boks mencapai 1-2 bulan karena spesifikasi khusus, Daihatsu berupaya maksimal memenuhi kebutuhan tersebut.
Strategi ini menegaskan peran Daihatsu dalam mendukung UMKM, yang pada akhirnya akan membantu Program MBG berjalan dengan baik dan menciptakan windfall pertumbuhan bagi Daihatsu di tingkat regional. (*)
- Penulis: Warjono






Saat ini belum ada komentar