Sulap Sampah Jadi Berkah, Tiga Inovator Sosial dari Jogja hingga Probolinggo Juarai Kompetisi CIMB Niaga
- account_circle Warjono
- calendar_month Jum, 24 Okt 2025
- comment 0 komentar

Para jawara lingkungan dan komunitas bersama manajemen CIMB Niaga. (istimewa)
TERAS MALIOBORO–Tiga inovator sosial dari Yogyakarta, Pasuruan, dan Probolinggo berhasil “menyulap” barang-barang tak terpakai—mulai dari botol plastik, limbah kayu, hingga kulit kerang—menjadi produk bernilai ekonomi tinggi. Ide cemerlang mereka sukses menyingkirkan lebih dari 500 pendaftar lainnya dan dinobatkan sebagai yang terbaik dalam ajang Community Link #JadiNyata 2025 yang digelar PT Bank CIMB Niaga Tbk.
Kompetisi ide sosial tahunan ini kembali membuktikan bahwa solusi atas tantangan sosial dan lingkungan seringkali lahir dari kreativitas masyarakat di tingkat akar rumput.
Para Juara Penyulap Sampah dan Pemberdaya Komunitas
Setelah melalui proses penjurian ketat, dewan juri yang terdiri dari manajemen CIMB Niaga dan praktisi independen mengumumkan tiga ide sosial terbaik. Mereka adalah Budi Anggoro (Yogyakarta) dengan Upcycle Project. Ini adalah sebuah inisiatif brilian yang mengolah limbah anorganik dan botol air mineral menjadi produk daur ulang yang memiliki nilai jual.
Kemudian Achmad Adias Wijaya (Pasuruan) melalui Artdias Gallery, yang mampu mengubah limbah kayu sisa industri mebel. Kayu yang seringkali hanya menjadi kayu bakar, menjadi produk premium berupa mainan edukatif dan dekorasi rumah.
Dan yang ketiga adalah Prayogi Harry Widharta (Probolinggo) dengan Maringrang Arts: Sebuah kelompok usaha yang memberdayakan ibu-ibu dari program keluarga harapan untuk memproduksi kerajinan tangan berbahan dasar kulit kerang.
Pendampingan Setahun Penuh
Para pemenang ini tidak hanya akan menerima pendanaan untuk merealisasikan idenya. Direktur Compliance, Corporate Affairs & Legal CIMB Niaga, Fransiska Oei, menegaskan bahwa komitmen CIMB Niaga jauh melampaui itu.
“Kami berkomitmen mendampingi para pemenang selama satu tahun penuh dalam mewujudkan mimpi dan aspirasinya. Mereka akan mendapat pendampingan intensif serta akses ke pasar dan jaringan kolaborasi kami agar ide sosial ini menjadi nyata dan berkelanjutan,” ujar Fransiska di Jakarta, Kamis (23/10/2025).
Langkah ini, menurutnya, adalah wujud nyata dari tujuan perusahaan untuk memajukan masyarakat (Advancing Customers & Society) dan sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).
Membangun Ekosistem Inovator Sosial
Selain mengumumkan pemenang, CIMB Niaga juga menggelar Annual Workshop yang mempertemukan para finalis tahun ini dengan para alumni dari angkatan-angkatan sebelumnya. Acara ini dirancang untuk membangun sebuah ekosistem yang solid, di mana para inovator sosial dapat saling berbagi ilmu dan berkolaborasi.
Sejak pertama kali digelar pada 2018, Community Link #JadiNyata telah berkolaborasi dan membantu mewujudkan 21 ide sosial yang kini memberikan dampak positif di berbagai wilayah Indonesia. (*)
- Penulis: Warjono






Saat ini belum ada komentar