Breaking News
Trending Tags
Beranda » EKBIS » Pegadaian Hadirkan Gadai Peduli Nol Persen untuk UMKM Pemula, ASEPHI Ingatkan Pentingnya Inovasi Produk di E-commerce

Pegadaian Hadirkan Gadai Peduli Nol Persen untuk UMKM Pemula, ASEPHI Ingatkan Pentingnya Inovasi Produk di E-commerce

  • account_circle Warjono
  • calendar_month Sel, 18 Nov 2025
  • comment 0 komentar

TERAS MALIOBORO–Dalam menghadapi persaingan sengit di era digital, pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dituntut memiliki inovasi produk yang kuat, sementara permodalan menjadi tantangan utama. Merespons kebutuhan ini, PT Pegadaian menghadirkan solusi konkret berupa program Gadai Peduli untuk UMKM pemula.

Program ini diungkapkan dalam sesi sharing bersama puluhan pelaku UMKM di Rumah BUMN Yogyakarta, Senin (17/11/2025). Hadir sebagai narasumber, Ketua BPD ASEPHI DIY, Emirita Lestari Noor Pratiwi, yang menegaskan bahwa inovasi adalah kunci bertahan di e-commerce.

Nol Persen untuk Usaha Baru

Diara Laksiratnya Ragusta, Asisten Manager Divisi Gadai Pegadaian Area Yogyakarta, menjelaskan bahwa Gadai Peduli merupakan terobosan baru untuk mendukung masyarakat yang baru merintis usaha.

“Melalui program ini, Pegadaian memberi fasilitas berupa sewa modal nol persen, dengan plafon hingga Rp 2,5 juta,” kata Diara.

Program ini dirancang khusus untuk usaha yang baru atau akan dibuka, berbeda dengan fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang biasanya mensyaratkan usaha telah berjalan setidaknya enam bulan.

“Hanya dengan barang jaminan dan KTP, sewa modal nol persen bisa mereka dapatkan untuk memulai usaha. Kita bebaskan sewa modal selama satu bulan pertama,” tambah Diara.

Sejak diluncurkan pasca pandemi Covid, program ini terbukti efektif. Pegadaian area Yogyakarta sendiri hingga saat ini telah menyalurkan pinjaman hingga sekitar Rp 5 miliar melalui Gadai Peduli, menunjukkan tingginya minat masyarakat untuk memulai usaha. Selain permodalan, Pegadaian juga mendorong UMKM untuk mengenal investasi emas sebagai bekal masa depan.

Emirita Lestari Noor Pratiwi. (warjono/terasmalioboro.id)

Inovasi Kunci Kompetisi

Sementara itu, Emirita Lestari dari ASEPHI DIY, mengingatkan bahwa meskipun permodalan didukung, UMKM tidak boleh mengabaikan pentingnya pengembangan produk. Ia menyebut pengembangan produk seringkali dianggap mahal dan tidak penting oleh Industri Kecil Menengah (IKM).

“Padahal, inovasi dan karakter produk adalah kunci untuk kompetisi di bisnis, terutama di e-commerce,” ujar Emirita.

Ia menekankan bahwa desain unik, gaya, dan manfaat produk menjadi pembeda utama. UMKM dianggap berhasil ketika produk mereka tetap dipilih konsumen, bahkan jika harganya lebih mahal dibandingkan kompetitor, karena mereka setia pada brand dan terus berinovasi.

Emirita juga mengingatkan pentingnya manajemen rantai pasok. Ketika sudah masuk e-commerce, UMKM harus siap menghadapi lonjakan permintaan. “Pilih produk yang suplai bahan bakunya gampang. Jangan sampai ketika pesanan banyak, kita tidak siap produksi lantaran bahan bakunya sulit,” pungkasnya, menyarankan kolaborasi antar-UMKM untuk menjaga standar kualitas dan stok. (*)

 

 

 

  • Penulis: Warjono

Komentar (0)

Saat ini belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Rekomendasi Untuk Anda

  • Tak Perlu Ribet, Resep Sederhana Ini Berhasil Menurunkan Prevalensi Stunting Gunungkidul ke 16,62 Persen

    Tak Perlu Ribet, Resep Sederhana Ini Berhasil Menurunkan Prevalensi Stunting Gunungkidul ke 16,62 Persen

    • calendar_month Kam, 30 Okt 2025
    • 0Komentar

    TERAS MALIOBORO–Gunungkidul membuktikan inovasi lokal adalah kunci sukses melawan stunting. Program Gerakan Orang Tua Asuh Cegah Stunting (Genting) dan Gerakan Ayah Teladan yang diluncurkan pemerintah daerah membuahkan hasil luar biasa, membuat prevalensi stunting anjlok signifikan. Wakil Bupati Gunungkidul sekaligus Ketua Tim Percepatan Penanggulangan Stunting (TPPS), Joko Parwoto, mengumumkan penurunan drastis prevalensi stunting di Bumi Handayani. […]

  • Bank Mandiri Resmi Buka Livin’ Fest 2025 di Palembang

    Bank Mandiri Resmi Buka Livin’ Fest 2025 di Palembang

    • calendar_month Jum, 14 Nov 2025
    • 0Komentar

    TERAS MALIOBORO – Bank Mandiri resmi membuka Livin’ Fest 2025 di Palembang, ajang kolaborasi besar yang menjadi persembahan spesial bagi nasabah setia bank berkode emiten BMRI ini. Digelar pada 13-16 November 2025 di Palembang Sport and Convention Center (PSCC) dan Palembang Icon, festival ini mempertemukan pelaku UMKM, industri kreatif, dan inovasi finansial dalam satu ekosistem […]

  • Livin’ Fest Medan 2025 Dibuka, Wadah Sinergi UMKM dan Sektor Produktif oleh Bank Mandiri

    Livin’ Fest Medan 2025 Dibuka, Wadah Sinergi UMKM dan Sektor Produktif oleh Bank Mandiri

    • calendar_month Kam, 23 Okt 2025
    • 0Komentar

    TERAS MALIOBORO – Bank Mandiri resmi membuka Livin’ Fest 2025 di REGALE International Convention Centre, Medan, Kamis (23/10/2025). Kegiatan yang digelar untuk memperingati HUT ke-27 ini menjadi wujud komitmen perseroan dalam mengusung semangat “Sinergi Majukan Negeri”. Festival yang berlangsung hingga 26 Oktober 2025 tersebut menghadirkan kolaborasi sektor perbankan, usaha produktif, UMKM, dan industri kreatif guna […]

  • “Indonesia International Challenge” Jogja, Mulyo Handoyo Optimis Tim Garuda Muda Sabet Minimal 3 Gelar

    “Indonesia International Challenge” Jogja, Mulyo Handoyo Optimis Tim Garuda Muda Sabet Minimal 3 Gelar

    • calendar_month Sel, 11 Nov 2025
    • 0Komentar

    TERAS MALIOBORO–Tim bulutangkis Indonesia, yang dijuluki “Garuda Muda”, datang ke Yogyakarta dengan tekad membara. Dalam ajang Wondr by BNI Indonesia International Challenge 2025 yang digelar dua pekan di GOR Among Rogo, Kepala Pelatih Pelatnas PBSI Mulyo Handoyo menargetkan gelar juara umum sebagai bentuk pembuktian kualitas pembinaan nasional. Mulyo Handoyo mengungkapkan bahwa tim telah menjalani persiapan […]

  • Gandeng Bank Mandiri Taspen, AXA Mandiri Bulan Kesadaran Kanker Payudara Sedunia

    Gandeng Bank Mandiri Taspen, AXA Mandiri Bulan Kesadaran Kanker Payudara Sedunia

    • calendar_month Ming, 2 Nov 2025
    • 0Komentar

    TERAS MALIOBORO – Dalam rangka memperingati Bulan Kesadaran Kanker Payudara Sedunia, PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) dan Bank Mandiri Taspen menggelar talkshow bertajuk Lebih Sehat, Lebih Cermat, Lebih Mandiri – Sadari Kanker Payudara Sejak Dini. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya deteksi dini kanker payudara serta kesiapan finansial menghadapi risiko […]

  • Saat Cerutu Jadi Diplomasi Budaya: Kisah Taru Martani Curi Perhatian di Panggung TEI 2025

    Saat Cerutu Jadi Diplomasi Budaya: Kisah Taru Martani Curi Perhatian di Panggung TEI 2025

    • calendar_month Sen, 20 Okt 2025
    • 0Komentar

    TERAS MALIOBORO–Di tengah riuh rendah ribuan produk modern yang memadati Trade Expo Indonesia (TEI) 2025, stan PT Taru Martani menawarkan sesuatu yang berbeda: sebuah etalase warisan budaya. Produsen cerutu tertua asal Yogyakarta ini tidak hanya datang untuk berbisnis, tetapi mengemban misi sebagai “duta budaya” yang membawa narasi sejarah dan kebanggaan industri kreatif lokal ke panggung […]

expand_less