Jualan Laris di Tengah Gempuran Digital? WhatsApp Turun Gunung Latih UMKM 3 Kota
- account_circle Warjono
- calendar_month Rab, 19 Nov 2025
- comment 0 komentar

Puluhan pelaku UMKM di Yogyakarta mengikuti pelatihan penggunaan aplikasi digital. (istimewa)
TERAS MALIOBORO–Demi memperkuat ketahanan ekonomi di tengah kondisi pasar yang dinamis, WhatsApp dan UKMINDONESIA.ID resmi meluncurkan program pelatihan adopsi digital yang menyasar para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di tiga kota besar Indonesia.
Yogyakarta menjadi kota pertama yang menggelar sesi pelatihan ini pada Selasa, 19 November 2025, yang diikuti oleh 70 UMKM dari berbagai sektor—mulai dari pedagang pasar tradisional hingga usaha mikro modern. Setelah dari Kota Pelajar, pelatihan akan berlanjut ke Surabaya dan Jakarta.
Inisiatif ini dirancang untuk membekali para pelaku usaha dengan keterampilan digital esensial agar mampu beradaptasi, bersaing, dan mempercepat pertumbuhan bisnis mereka di era digital.
Profesional, Personal, dan Cepat
Dalam pelatihan tatap muka yang intensif ini, para peserta diajarkan cara memanfaatkan aplikasi WhatsApp Business sebagai alat utama untuk mengatasi tantangan bisnis krusial, seperti persaingan yang ketat dan tekanan ekonomi.
Dessy Septiane Sukendar, Policy Program Manager Meta Indonesia, menegaskan komitmen perusahaannya. “WhatsApp tetap berkomitmen mendukung kemajuan UMKM di Indonesia melalui berbagai pelatihan dan inisiatif literasi digital. Dengan dukungan ini, para pelaku usaha tidak hanya dapat bertahan menghadapi tantangan, tetapi juga mempercepat pertumbuhan di era digital,” katanya.
Materi yang disampaikan fokus pada praktik praktis, termasuk membuat profil bisnis profesional agar pelanggan lebih mudah mengenali dan menaruh kepercayaan.

Policy Programme Manager Meta Indonesia, Dessy Septiane Sukendar. (istimewa)
Menggunakan fitur-fitur andalan seperti katalog produk untuk display barang, balasan cepat, pesan tidak di tempat, dan iklan yang mengarahkan ke WhatsApp untuk layanan pelanggan yang cepat dan efisien.
Juga panduan keamanan terbaik, termasuk mengaktifkan verifikasi dua langkah untuk melindungi akun bisnis.
Strategis Bantu UMKM
Kepala Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta, Veronica Ambar Ismuwardani, menyambut baik inisiatif ini, yang dinilai sebagai langkah strategis dalam membantu UMKM lokal.
“Kami berterima kasih atas dukungan Meta melalui WhatsApp dalam membantu UMKM di Yogyakarta untuk go digital. Inisiatif ini merupakan langkah penting untuk membantu UMKM beradaptasi dan berkembang di tengah berbagai tantangan yang dihadapi saat ini,” ungkap Veronica.
Sementara itu, Dewi Meisari Haryanti, Founder UKMINDONESIA.ID dan Penulis Utama Buku Saku UMKM, menekankan pentingnya integrasi WhatsApp Business dalam strategi bisnis harian.
“Pelanggan di Indonesia ada di WhatsApp. Karena itu, sangat penting bagi pelaku usaha untuk mengintegrasikan aplikasi WhatsApp Business ke dalam strategi komunikasi sehari-hari mereka dengan menyusun pesan promosi yang bermanfaat, menggunakan katalog produk yang dikemas secara kreatif, dilengkapi dengan penawaran yang berorientasi pada solusi dan tentunya promosi menarik,” pungkas Dewi.
Pelatihan ini diharapkan dapat menjadi katalisator bagi UMKM di Yogyakarta dan kota-kota lain untuk tidak hanya sekadar bertahan, tetapi juga meningkatkan skala bisnis secara signifikan melalui digitalisasi yang tepat sasaran. (*)
- Penulis: Warjono






Saat ini belum ada komentar